(0232) 875847 [email protected]

Pupuk Organik Cair (POC)

Ketua TIM: Fazrin Amarsyah (S1 Kesehatan Masyarakat Semester 7 Peminatan Kesling)

Anggota :

  • Neni Hantika (S1 Kesehatan Masyarakat Semester 7 Peminatan Kesling)
  • Santi Susanti (S1 Kesehatan Masyarakat Semester 7 Peminatan Kesling)

Pupuk Organik Cair (POC) Dari Nasi Sisa atau Nasi Basi adalah salah satu jenis pupuk cair berbahan dasar nasi (Sisa atau basi). Inovasi ini berangkat dari adanya permasalahan mengenai sampah khusus nya dilingkungan rumah tangga dengan jenis sampah organik sebagai penyumbang timbulan sampah paling banyak, yakni salah satunya adalah nasi sisa atau nasi basi.

Manfaat

Manfaat dari adanya produk ini adalah dapat mengurangi permasalahan mengenai sampah organik di rumah tangga, sangat ramah lingkungan karena tidak mencemari tanah dan juga bisa sebagai alternatif pengganti pupuk kimia cair.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Nasi Sisa/Basi
Alat dan bahan:

  1. Nasi basi/sisa
  2. Air bersih
  3. Wadah berukuran sedang
  4. Botol ukuran 1,5 liter
  5. Gula pasir atau gula merah
  6. Saringan
    Langkah-langkah:
  7. Buatlah bentuk bola-bola dari nasi sisa/basi yang belum ditumbuhi jamur.
  8. Masukkan bola-bola nasi sisa/basi ke dalam wadah dan tutup rapat kemudian simpan di tempat gelap. Tunggu selama 7 hari sampai nasi sisa/basi sudah ditumbuhi jamur.
  9. Ambil gula pasir dan larutkan dengan air (perbandingan 1 liter air : 5 sendok gula pasir). Atau bisa juga menggunakan gula merah ambil sebanyak 100 gr.
  10. Ambil nasi sisa/basi yang sudah disimpan selama 7 hari tersebut kemudian masukkan ke dalam air yang sudah ditambahkan gula dan hancurkan bola-bola nasi basi tersebut.
  11. Kemudian tuangkan larutan tersebut ke dalam botol dan tutup rapat.
  12. Tunggu sampai 3-4 hari dan simpan di tempat gelap. Pada hari ke 2, buka botol untuk mengeluarkan gas yang ada di dalamnya.
  13. Tutup kembali dan kocok botol agar nasi basi dan larutan gula tercampur rata.
  14. Simpan kembali botol pada ruangan gelap sampai pupuk organik cair beraroma seperti tape.
  15. Ketika sudah berbau, saring ampasnya dan pupuk organik cair sudah siap digunakan.

Cara Menggunakan Pupuk Organik Cair Nasi Sisa/Basi

Pupuk organik cair dari nasi basi sudah bisa langsung digunakan pada tanah pekarangan dan kebun setelah dicampur oleh air terlebih dahulu. Lakukan proses ini dengan perbandingan 1 liter pupuk organik cair nasi basi : 5 liter air bersih. Setelah beres pupuk cair bisa langsung disiramkan pada tanaman atau dicampurkan dengan sampah organik agar berubah menjadi pupuk kompos.