(0232) 875847 [email protected]

Pastel tutup ayam dan daun kelor

Pembuat: Enung Nuryani

Deskripsi :

Stunting merupakan kurangnya energi dan protein dalam jangka waktu yang lama ditandai tinggi badan menurut umur. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pastel tutup daging ayam dan daun kelor diharapkan mampu untuk menangani stunting.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan salah satu penanganan stunting. PMT akan melengkapi kebutuhan zat gizi, sehingga dapat mencapai berat badan menurut usianya. PMT pada balita bisa berupa mengenalkan produk yang padat gizi dan makanan yang menyehatkan Salah satu sumber protein yang digunakan yaitu daging ayam merupakan bahan makanan bergizi mudah untuk didapatkan, baunya tidak terlalu amis, sehingga disukai banyak orang terutama pada balita. Penambahan daun kelor berfungsi sebagai upaya penanggulangan permasalahan kekurangan gizi pada balita seperti masalah gizi stunting. Dibuktikan dengan hasil penelitian menurut (Irwan et al., 2020) pemberian cookies dari daun dan biji kelor dapat memberikan secara signifikan kenaikan berat badan, sedangkan menurut penelitian (Muliawati et al., 2019) pemberian ekstrak daun kelor secara signifikan dapat meningkatkan tinggi badan balita.

Daun kelor merupakan tanaman yang banyak manfaatnya yang kaya dengan vitamin dan mineral. Rata-rata masyarakat kurang menyukai daun kelor dikarenakan memiliki bau langu, sehingga perlu adanya inovasi dalam mengolah daun kelor menjadi suatu produk yang dapat diterima masyarakat. Dalam hal ini berinovasi pembuatan pengembangan formula berbahan dasar ayam dan penambahan daun kelor dalam bentuk PMT pastel tutup. Memilih PMT berupa pastel tutup dikarenakan bahan-bahan penyusunnya mudah serta cara membuatnya mudah dengan cara dikukus. Pastel tutup daging ayam dan daun kelor adalah makanan selingan sajian klasik berbahan dasar kentang dan isi daging serta sayuran.
Pemberian pastel tutup ayam ( YAMLOR ) sudah di buktikan pada keluargabinaan Tn. Y dengan masalah balita usia 33 bulan dengan Stunting selama 2 minggu pemberian barat badan balita dan tinggi badan balita bertambah semula berat badan 10.7 kg menjadi 11,4 kg dan tinggi badan semula 82 cm menjadi 82,2 cm.

Prosedur pengolahan

Cuci dan cincang ayam, rebus bihun selama 5 menit pada suhu 90°-100°C, blanching daun kelor pada suhu 80°C selama 25 detik, kupas dan cuci wortel serta kentang, cincang wortel dan kukus kentang selama 10 menit dengan suhu 80°-90°C. Tumis bawang putih dan bawang bombai menggunakan margarin. Tumis ayam, bihun dan wortel, kemudian tambahkan telur, susu dan daun kelor. Haluskan kentang dan letakkan pada aluminium foil dengan layer 1 sebagai isi dan layer 2 kentang dan keju. Kukus pada suhu 80°C selama 20 menit.